Jumat, 13 Januari 2012

Galau!! Stress!! Ini obatnya

Setiap manusia tentulah tak pernah lepas dari yang namanya masalah kehidupan. Beragam masalah yang mereka hadapi. Ada yang mengalami masalah keluarga, pendidikan, pekerjaan dan lain sebagainya. Dari masalah-masalah ini tidak sedikit orang menjadi galau, stress bahkan depresi untung saja tidak gila. Hehe
Masalah-masalah di atas sebenarnya lumrah. Artinya setiap orang mengalaminya. Yang jadi masalah kok bisa sih masalah tersebut bikin orang jadi galau, stress bahkan depresi. Ternyata penyebab dari semuanya itu adalah hati yang kering. Lho apa maksudnya? Ya hati yang keringlah masalah yang sebenarnya. Maksudnya hati si manusia tersebut jauh dari mengingat Allah swt. Coba kita lihat firman Allah swt surat Ar-Ra’ad ayat 28 “(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tentram”. Ayat ini dengan jelas mengingatkan kalau kita ingin hidup tenang dan tentram harus mengingat Allah. Apapun masalahnya, apapun kesulitannya Insya Allah apabila kita dekat dengan Allah, apabila kita mengingat Allah swt semua masalah pasti akan terselsaikan.
Lantas bagaimana sih agar kita dapat terus mengingat Allah swt itu? Banyak cara yang bisa dilakukan, namun yang akan dibahas di sini cuma dua. Yang pertama, laksanakanlah ibadah wajib. Ibadah wajib disini misalnya shalat lima waktu. Shalat lima waktu apabila kita laksanakan secara continue dan istiqamah, Insya Allah akan membuat kita terjaga untuk selalu mengingat Allah. Apalagi kalau kita memahami dan menghayati bacaan shalat kita.
Yang kedua laksanakanlah ibadah sunat contohnya Dzikir dan baca Al-Quran, Setelah shalat cobalah berdzikir dahulu, karena dzikir mempunyai banyak keutamaan. Selain mengingat Allah, dzikir juga dapat menenangkan hati kita. Ini sesuai ayat Al-Quran yang telah disebutkan di atas. Selanjutnya membaca Al-Quran, usahakan bacalah Al-Quran setiap hari walaupun cuma satu ayat. Ingat Al-Quran adalah pedoman hidup seorang muslim. Pedoman disini berarti petunjuk jalan kita sewaktu hidup di dunia. So, agar kita tidak tersesat maka tiada lain dan tiada cara selain membaca Al-Quran sekaligus memahami makna kandungannya.  
Mudah-mudahan uraian di atas dapat memberikan pencerahan khususnya bagi penulis, umumnya bagi pembaca. Apalagi mereka yang sedang galau dan stress. Cobalah tips di atas, mudah-mudahan saja galau dan stress anda sembuh sekaligus masalah yang anda hadapi dapat terselsaikan. Amin ya Rabbala’lamin.


oleh: Yudistira Jakasoenda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar